Iklan Pangluhurna

Pulau Sempu Surga Wisata Jawa Timur

Bagi Traveller, Pulau Sempu adalah pulau yang mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Pasalnya, pulau ini adalah surganya para traveller atau wisatawan baik itu dalam maupun luar negeri. Pulau yang berada di Jawa Timur ini memiliki pemandangan yang sangat indah yang jarang ditemui di tempat wisata lainnya.

Pemandangan Pulau Sempu

Pulau Sempu berlokasi di pantai selatan Kabupaten Malang tepatnya di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjining Wetan. Pulau ini sebenarnya adalah cagar budaya / cagar alam sejak 1928. Pulau ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur dan Departemen Kehutanan Indonesia. Jadi, wisatawan yang ingin berpetualang ke Pulau ini harus memiliki surat ijin yaitu Surat Izin masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) dari dinas yang terkait dalam hal ini adalah BBKSDA.

Pulau Sempu Surga Wisata Jawa Timur



Banyak yang mengatakan bahwa Pulau Sempu adalah surganya Jawa Timur. Mungkin pernyataan ini memang benar. Bagaimana tidak? Pemandangan yang ditawarkan oleh pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Yang menjadi sorotan untuk datang ke pulau ini adalah Laguna Segara Anakan. Pantai dengan pasir putih ini terletak sekitar 2,5 km di selatan pulau dan tempat ini merupakan daya tarik utama dari Pulau Sempu. Air yang biru serta tenang akan membuat traveler menjadi terkagum-kagum memandangi pantai ini.

Pemandangan Pantai di Pulau Sempu


Untuk mencapai Laguna Segara Anakan, wisatawan harus menempuh jarak yang lumayan jauh dan trek yang sulit. Jiwa petualang anda akan diuji pada saat mulai menyebrangi selat di Pantai Sendang biru menuju ke Teluk Semut yang berada di Pulau Sempu. Perjalanan berlanjut dengan menempuh jarak yang jauh sekitar 2 jam perjalanan sebelum sampai di Laguna Segara Anakan. Trek yang harus dilalui juga lumayan ekstrim yaitu jalur yang curam, terjal, serta licin. Namun perjuangan untuk mencapai ke Pantai nan eksotik ini tidak akan sia-sia tatkala mata memandang indahnya hamparan pasir putih dan air yang biru di Laguna.

Selain Laguna Segara Anakan, Pulau Sempu juga memiliki tempat-tempat yang lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Tempat tersebut antara lain Pantai Waru-waru, Tiger Cave, Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Kembar, Telaga Sat, Telaga Lele yakni danau air tawar yang terdapat banyak ikan lele, kemudian ada juga Pantai Fresh Water yaitu pantai dengan sumber mata air yang segar yang berada di bebatuan sekitar pantai.

Bagi wisatawan yang ingin menuju ke Pulau Sempu, Wisataku akan memberikan informasi transportasi yang bisa ditempuh untuk sampai ke Pulau tersebut. Berikut ini adalah informasi mengenai transportasi ke Pulau Sempu:

Transportasi Menuju Ke Pulau Sempu
 
Dari Kota Malang, Traveller harus menempuh jarak sekitar 2,5 jam untuk sampai ke Sendang Biru. Ini bisa dilakukan dengan memakai motor / kendaraan pribadi, atau dengan menggunakan kendaraan sewa. Kemudian sesampainya di Sendang Biru, anda harus menyeberangi Teluk dengan menggunakan perahu yang ada disana. Namun sebelum menyeberang, sebaiknya anda hubungi terlebih dahulu Pos Cagar Alam Pulau Sempu di Sendang Biru untuk mendapatkan arahan dan panduan untuk menuju ke pulau Sempu.

Untuk rute menuju ke Pulau Sempu dari Kota Malang, Wisataku akan memberikan informasi rute alternatif yang bisa ditempuh. Rute alternatif pertama adalah dari kota Malang > Bululawang > Turen > Sumbermanjing Wetan > Sendang Biru > Pulau Sempu. Kemudian untuk rute alternatif kedua adalah dari kota Malang > Kepanjen > Gondanglegi > Turen > Sumbermanjing Wetan > Sendang Biru > Pulau Sempu. Namun harap diperhatikan bahwa rute dari Turen menuju ke Sendang Biru kurang begitu baik dan jalanan banyak yang menurun dan sempit sehingga memerlukan konsentrasi yang penuh serta skill mengemudi yang baik.

Tips Berwisata ke Pulau Sempu
 
Bagi Traveller yang ingin berwisata ke Pulau Sempu, Wisataku akan memberikan tips untuk berwisata ke Pulau Sempu. Dikarenakan Pulau Sempu adalah cagar alam, maka bagi traveller yang ingin mengunjungi Pulau Sempu harus memiliki Surat Izin masuk Kawasan Konservasi atau SIMAKSI. Izin tersebut dapat diperoleh di kantor BBKSDA Jawa Timur, Kepemilikan Modal KSDA Wilayah III, dan Seksi Konservasi Wilayah VI.

Sebelum memasuki wilayah Pulau Sempu, sebaiknya siapkan peralatan dan kebutuhan yang dibutuhkan terutama kebutuhan logistik dan peralatan berkemah. Jika anda ingin bermalam di Pulau Sempu, maka sebelum masuk ke Pulau Sempu anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di pos Cagar Alam Pulau Sempu di Sendang Biru.

1 Response to "Pulau Sempu Surga Wisata Jawa Timur"

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete

Iklan Luhur H1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel