Iklan Pangluhurna

Pesona Puncak Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah gunung yang terletak di kecamatan Selo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Gunung yang memiliki tinggi sekitar 3142 meter diatas permukaan laut ini memilki pesona tersendiri untuk dikunjungi. Bagi jiwa petualang, gunung Merbabu ini pas untuk mengawali petualangan karena memiliki trek yang cukup ekstrim serta menguras banyak tenaga.gunung merbabu

Trek yang panjang serta cuaca yang ekstrim akan membuat jiwa petualang menjadi terpancing untuk menjelajahi trek yang ada di Gunung Merbabu. Gunung Merbabu sendiri memiliki beberapa pos dan tempat untuk mendirikan tenda / camp. Berikut ini adalah pos dan tempat yang biasa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda:

Pos dan Tempat Pendirian Tenda di Gunung Merbabu


 
Pos 1: Dok Malang. Pada pos ini terdapat tempat yang lumayan datar untuk dibuat tenda maupun untuk melakukan hal yang lainnya seperti istirahat, sholat, dan makan. Pos Dok Malang merupakan tempat yang lumayan sejuk karena tertutup oleh rimbunnya pepohonan sehingga pas untuk dijadikan tempat untuk istirahat sejenak.
Pos 2. Pos 2 ini kurang begitu luas jika dibandingkan dengan pos pertama. Ini dikarenakan pos 2 hanya terdapat pepohonan yang banyak sehingga pos 2 sangat teduh dan cocok untuk menghindari hujan atau angin yang besar.
Pos 3. Di pos 3, pendaki bisa beristirahat dan mendirikan tenda karena pada pos 3 ini memiliki permukaan yang datar dan luas seperti pada pos pertama. Namun pepohonan di pos 3 relatif lebih sedikit daripada pos pertama dan pos kedua sehingga tempat ini memiliki angin yang cukup besar dan rawan jika terjadi hujan.
Batu Tulis.
gunung merbabu

Pemandangan di Batu Tulis


Batu tulis adalah sebuah tempat yang sangat luas yang bisa dijadikan area untuk mendirikan tenda. Batu Tulis sendiri terletak dibawah bukit atau bisa disebut juga dengan lembah. Tidak ada pohon yang terdapat pada Batu Tulis sehingga terdapat angin yang sangat besar. Tempat ini kurang cocok jika dijadikan tempat untuk bermalam karena faktor angin yang besar yang bisa membuat tenda terbawa angin / roboh. Namun pemandangan yang ada pasa Batu Tulis sangat bagus. Ini bisa dijadikan tempat untuk mengabadikan momen pada saat naik ke Gunung Merbabu.

Sabana 1.
pemandangan gunung merbabu

pemandangan Merapi dari Sabana 1

Sabana 1 adalah sebuah padang rumput yang sangat luas yang bisa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda dan bermalam. Tempat ini cocok untuk bermalam karena banyak permukaan yang datar dan terlindung oleh pohon sehingga angin yang besar tidak begitu berpengaruh terhadap tenda. Pemandangan yang ada di Sabana 1 juga sangat bagus karena Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing terlihat sangat jelas di sini. Pendaki biasanya menyempatkan untuk berfoto di Sabana 1 dengan background Gunung Merapi. Namun untuk mencapai tempat ini, pendaki harus melewati tanjakan yang sangat terjal dan panjang sehingga butuh stamina ekstra untuk bisa mencapai tempat ini.

Sabana 2.
gunung merbabu

Pemandangan Sabana 2

Pada Sabana 2 memiliki padang rumput yang sangat luas, melebihi Sabana 1. Namun kekurangan dari Sabana 2 adalah pepohonan yang relatif lebih sedikit daripada di Sabana 1. Sabana 2 juga banyak dijadikan tempat untuk bermalam dan mendirikan tenda. Namun angin pada Sabana 2 lebih besar dari Sabana 1 sehingga sering terjadi tenda terbawa angin / Flexit yang terbawa angin.

Itulah beberapa tempat yang bisa dijadikan tempat untuk bermalam atau sekedar beristirahat dan menyantap makanan pada saat melakukan pendakian ke Gunung Merbabu. Melakukan pendakian pasti belum puas kalau belum mencapai ke puncak gunung. Puncak Gunung Merbabu sendiri terdapat di Puncak Kentengsongo. Namun untuk menuju ke puncak ini, pendaki harus melewati trek yang sangat ekstrim dan terjal. Butuh tenaga yang ekstra dan daya tahan tubuh yang baik untuk bisa mencapai ke tempat ini. Angin yang besar serta suhu udara yang sangat dingin menyelimuti sepanjang perjalanan menuju puncak Kentengsongo.

Namun tenaga yang hilang dan lelah yang melanda akan terbayar pada saat mencapai ke puncak Kentengsongo karena pemandangan yang ditawarkan sungguh menakjubkan. Tertarik untuk berwisata ke Gunung Merbabu?

gunung merbabu

Pemandangan Merapi dari Puncak Merbabu

Berikut ini adalah informasi dari Wisataku bagi yang tertarik untuk melakukan pendakian ke Gunung Merbabu:

Alamat: Genting, Tarubatang, Selo, Boyolali, Jawa Tengah

Base camp: Base camp Pak Parman

CP: 085642033214 / 087836352260

Email: gito_merbabu@yahoo.com

1 Response to "Pesona Puncak Gunung Merbabu"

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete

Iklan Luhur H1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel