Iklan Pangluhurna

LALAT TENTARA HITAM YANG UNIK (BLACK SOLDIER FLY)


Larva BSF (Magot) Sebagai Pencegah Lalat Buah Dan Sebagai POC Dan POP Modern.
Black Soldier Fly (Bsf) atau lalat tentara hitam ini memang unik, yg mana menurut penulis, makhluk ini merupakan rantai tengah dari tatanan makhluk hidup yg tergolong multi fungsi dan sangat memungkinkan akan tampil sbg solusi masa depan dalam bidang pangan,sebagaimana telah di ketahui secara umum bahwa bsf telah turut berkontribusi secara efektif bagi umat manusia dalam bentuk pakan ternak dan pakan ikan. Untuk itu, pada artikel kali ini, Penulis mencoba mengutarakan ide dan hasil penelitian penulis, untuk tujuan di gunakan bersama, sebagai salah satu solusi yg efektif dan efisien dalam hal pestisida berbasis organik dan natural, terlebih khusus dalam hal pencegahan lalat buah.

Tulisan singkat ini merupakan murni penemuan dari analisa dan penelitian penulis, sehingga apabila ada persamaan tulisan dan ide, mohon di tampilkan jurnal ataupun link-link terkait di kolom komentar, agar tdk terjadi kekeliruan-keliruan dari persepsi penulis mengenai penemuan dan ide di maksud.

Okey, mari kita mulai..

1.Larva BSF Sebagai Pencegahan Lalat Buah.
Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa pembiakan bsf di alam maupun budidaya, bsf akan bertelur pada areal dengan aroma bahan yang telah terdekomposisi maupun terfermentasi oleh mikroorganisme seperti bakteri ataupun jamur.
Dalam proses bertelur ini, lalat bsf akan mengeluarkan beberapa enzim2 anti bakteri dan anti lalat untuk melindungi telur2 tersebut dari serangan predator berupa senyawa kitin khusus dan kitosan, serta beberapa enzim lain berupa protein unik yang mana prinsip kerja dari enzim2 ini, memiliki spektrum sangat unik dan lengkap terhadap serangga, bakteri dan lainnya, dan mencakup sensitifitas dalam hal aroma, gelombang dan rasa.

Yang lebih unik dari itu, ternyata setelah telur menjadi larva (magot), produksi enzim-enzim atau senyawa justru lebih meningkat tajam, yang mana akan di gunakan larva utk memakan bakteri (e. coli dan lainnya) dan melemahkan mikroorganisme lain, untuk mengurai dan mendekomposisi/memfermentasi bahan-bahan di sekitarnya sbg bahan makanan untuk tumbuh.

Dengan dasar inilah, lebih khusus Penulis mencobanya pada lalat buah yg ternyata efektif sebagai pencegahan.
Uji coba di lakukan pada tanaman cabe yg di isolasi kelambu bersama beberapa lalat buah.
Selanjutnya, Pohon cabe di spray dengan larutan hasil penghalusan/penggilingan larva bsf.
Hasil menunjukan (dalam ruang isolasi) bahwa lalat buah tidak mau menghinggapi pohon cabe dan lalat buah terlihat melemah dan stress. Lalat buah merasa terganggu dari segi aroma dan gelombang dari larva bsf, serta berusaha keluar dari areal isolasi.

Dengan demikian, Penulis berkesimpulan bhw cairan senyawa hasil penghalusan larva bsf, efektif dalam pencegahan lalat buah.

2.Larva BSF Sebagai POC Dan POP Modern.
Pada pengamatan penulis, larva bsf ternyata sangat ampuh dan sangat cepat dalam mendekomposisi bahan kertas dan kardus/karton dng cepat yang di campur dng bahan lainnya, dan lebih cepat dari cacing.
Dan menurut pengamatan penulis, kardus adl salah satu favorit dari pakan magot.
Tentu saja ini menjadi hal yg menarik, mengingat kardus/karton adalah salah satu sampah yg cukup lama mengalami penguraian oleh bakteri atau yang lainnya, sehingga magot bisa menjadi salah satu solusi modern dalam hal dekomposisi.

Larva Bsf memiliki kandungan-kandungan yang luar biasa (bisa di search di google).Hampir setengah dari badan nya berisi berbagai macam protein, dan mengandung berbagai macam vitamin atau asam2 amino, serta mineral yg lengkap, yang memungkinkan dapat di kelola dalam pertanian sebagai salah satu POC Modern dengan nilai gizi yang lengkap buat tanaman.

Catatan :
1.Dosis di sesuaikan dengan profil tanaman.
2.POC di anjurkan dengan sistem kocor..

Semoga artikel ini bermanfaat sobat..
Jangan lupa share juga ya😊

4 Responses to "LALAT TENTARA HITAM YANG UNIK (BLACK SOLDIER FLY)"

  1. Whahaaa keren juga Bsf sperti ada pertahanan diri terhadap predatoor tapi digunakan untuk mencegah lalat lainnya

    ReplyDelete
  2. Artikel yg bermanfaat
    Ditunggu kunjungannya di
    aldianggara18.blogspot.com

    ReplyDelete

Iklan Luhur H1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel